Hati-hati penipuan modus barang lelang bea cukai

Malam ini tepatnya tanggal 25-o5-2014 merupakan hari yang apes buat saya dan keluarga saya,Karena telah tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ceritanya begini,Sekitar jam 4 sore sepulang dari antar barang kiriman es camelo pesanan pelanggan.Dengan nada polos istri saya mengatakan “Bang,Tadi Pak Edi (Nama Samaran Si Penipu,dimana kami mempunyai pelanggan dengan nama yang sama yaitu Pak Edi)  katanya ada yang jual TV Murah”..Pada waktu itu sebenarnya saya tidak begitu merespon apa yang diceritakan istri saya.Tapi tiba2 sang penipu nelpon lagi kebetulan handphone ada didekat saya secara reflek saya angkat telpon tersebut.

Dengan suara yang mirip seperti Pak Edi yang saya kenal Kami pun menceritakan tentang penjualan TV tersebut..Sang Penipu mengatakan pada saya kalau dia punya saudara di Bea Cukai dan saat itu dia berada di ruang lelang sedang antrian untuk pengambilan barang,Tanpa rasa curiga sedikitpun kemudian saya tanya berapa harga untuk TV LED Ukuran 40 Inch..?? Sang penipu dengan santai menjawab 2juta..Wahh dengan perasaan yang agak sedikit senang karna bisa mendapatkan TV Dengan harga murah..Kemudian saya tanya gimana cara mendapatkannya atau cara bayarnya..??

Awalnya saya minta kepada beliau kalau barang sudah sampai dirumah nanti saya bayar (Karena sy pikir pak EDI Tau dimana tempat saya tinggal).Dengan nada santai sang penipu menjawab..”Wak gak bisa pak..kebetulan ini duit saya sudah habis ambil barang2 pesanan saudara saya…Disini harus bayar Kontan” Itu kata sang penipu kepada saya via telpon..

Tanpa Rasa curiga sedikutpun kemudian cerita berlanjut..lalu dia menawarkan lagi sebuah kipas angin merk panasonic stainless pakai remot digenapin aja jadi 2jt sekaligus dengan TV tadi..Kemudian saya dan si penipu membicarakan lagi masalah pembayarannya…tanpa rasa ragu lagi saya mengatakan pada si penipu “Yah sudah pak..kirim aja nomor Rekeningnya biar saya transfer uangnya..” dalam hitungan detik sms pun masuk ke hp saya yang isinya nomor Rek berikut : BANK MEGA  A/N RAHMAT ATMANTO 010570020101079 ..

Singkat cerita uang pun saya transfer,selang beberapa menit setelah saya transfer,sang penipu dengan santai mengatakan pada saya via telpon “Pak bukti transfer jgn hilang yah..” Dengan santai saya menjawab “ok pak..”

Lalu sekitar jam 7 malam saya di sms lagi oleh si penipu ,ohya nomor hp si penipu tersebut adalah 082361730777 , dalam smsnya dia bilang ‘pak tolong isikan dulu pulsa 100rb ini untuk supir yang bawa barang bapak nanti biar bisa komunikasi…nanti samapai dirumah saya ganti…Saya disuruh isi pulsa ke nomor ini 082361731222 .. Nah Disini saya mulai curiga… Kemudian dia telpon lagi minta tolong isikan pulsa ke nomor yang baru di sms ke saya…dengan nada sedikit malas saya jawab “iya pak nanti saya isi kalau hujan disini sudah redah…(jujur dalam hati saya sudah mulai curiga)..Ehhh Gak Berapa lama..Istri saya tiba-tiba bilang kesaya…”Bang itu tadi nomor baru loh…karena dia bilang pak Edi langganan Es camelo kita yaudah saya save aja langung namanya di hp….”  Sontak dengan nada sedikit geram saya bilang ke istri ” Aduhh…Kenapa gak bilang dari tadi…Yah udalah mah..100% Kita udah kena tipu…” Dengan perasaan yang tidak karuan saya masih bisa santai menghadapinya…,Gak berhenti sampai disitu… Saya baru terpikir nelpon nomor hp pak edi yang lama (Sebelumnya si penipu bilang kalau nomor yang lama itu punya istrinya bilang ke istri saya)..Singkat cerita pak edi orang yang kami kenal ternyata lagi santai duduk dirumah waktu saya telpon…Tanpa kehabisan akal Saya coba menghubungi BRI Ditempat saya menabung dan transfer uang ke REK Penipu tersebut agar memblokir/membatalkan transferan tadi …Dengan jawaban yang kurang memuasakan CS BRI mengatakan “Untuk Masalah itu bapak silahkan hubungi ke BANK Mega,Ok Saya tutup telpon..Kemudian Saya Telpon Ke BANK MEGA…Jawaban yang saya dapatkan juga tidak memuasakan setelah cerita panjang lebar dengan CS Bank MEGA Saya disuruh lapor ke BRI Kemudian buat surat pernyataan ke POLISI Pokoknya Ribetlah….

Ahirnya Saya dan Istri sudah pasrah dan ikhlas atas kejadian ini..dengan lapang dada kami mengakui kalau kami terlalu naif bisa tertipu dengan cara ini…Dalam beberapa menit suasana hening sejenak..saya dan istri hanya bisa terdiam….Kemudian bunyi lagi tuh suara hp menandakan ada SMS masuk…Setelah dibuka eh Ternyata Sms Dari Sang Penipu Yang isi smsnya “Pak Kami sudah mau bergkat kerumah bapak nanti sekitar jam 9 (Malam) kami sampai kerumah bpk,tolong pulsa yang 100rb tadi disikan yah..alnya nih udah kehabisan pulsa”

Karena saya sudah sadar kalau saya sudah di tipu,dengan santai saya balas sms tersebut “Pak Sudahlah pak,Saya sudah tau kalau saya sedang ditipu..Tapi gak apa2 biarlah ini jadi pelajaran dan jadi pengalaman buat kami..,tapi gak apa pak..Mudah2an uang yang saya kirim tadi bisa berkah buat bapak dan keluarga” Dan ahirnya komunikasi hnya sampai disitu dan kami pun tidak lagi mngharapkan barang yang di pesan sampai kerumah…

Semoga dari pengalaman saya ini tidak ada lagi korban2 atau bisa tertipu dengan modus seperti ini…

 

 

This entry was posted in Peluang Usaha. Bookmark the permalink.

One Response to Hati-hati penipuan modus barang lelang bea cukai

  1. satriyanto says:

    Waduh kok sama pak ya, baru kemarin saudara saya kena tipu persis seperti kejadian bapak. Dengan bilang kalau ganti nomor baru, akhirnya minta transferan 2x 2jt ke rekening BRI cab. Deli, Serdang….yah akhirnya uang 4 jt melayang……

    Semoga hal ini bisa menjadi pelajaran buat kita …terimakasih sharingnya pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *